Les Privat Anak Berkebutuhan Khusus

Urgensi Les Untuk ABK

Les privat ABK apakah memang perlu? Pada awalnya dulu klasifikasi anak berkebutuhan khusus cenderung diartikan untuk anak-anak penyandang cacat. Misalnya tunarungu, tunanetra, dan lainnya. 

Akan tetapi, berdasarkan perkembangannya kini konsep tersebut tidak lagi ditujukan untuk anak cacat saja. Anak berkebutuhan khusus juga mencakup anak-anak yang mempunyai kelainan tetapi menyimpan potensi dan bakat khusus tersendiri.


Penggunaan istilah anak berkebutuhan khusus pun dinilai lebih manusiawi dibanding menyebut anak cacat secara global. Sehingga dengan adanya pemahaman tersebut, cakupan ABK semakin luas yang tidak hanya sebatas anak penyandang cacat fisik. 

Anak dengan gangguan emosional, ketidakmampuan belajar, lambat belajar, autis, hiperaktif, down syndrome, dan ketidakmampuan mental juga termasuk ABK.

Bila mendapatkan perhatian secara benar, tidak menutup kemungkinan akan memunculkan suatu prestasi dalam konsteks tersendiri. Inilah mengapa bimbingan belajar atau les privat ABK sejatinya sangat dibutuhkan. 

Anak berkebutuhan khusus memang membutuhkan kekhususan baik dari kebutuhan pendidikan, layanan kesehatan, bantuan sosial, hingga kebutuhan kesejahteraan sosial.

Kategori Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus mempunyai banyak kategori. Adapun salah satunya slow leaner yang berarti membutuhkan waktu lebih banyak untuk belajar. Anak slow leaner pada umumnya mempunyai potensi intelektual sedikit di bawah normal, tetapi berbeda dengan anak tunagrahita. 

Tidak jarang dalam proses belajar, anak menemui banyak hambatan seperti terlambat berpikir, memberikan respon, atau beradaptasi dengan lingkungan sosial. Hanya saja memang masih lebih baik dibanding anak tunagrahita.

Ringkasnya anak ABK membutuhkan waktu belajar lebih lama dan diulang-ulang. Hal ini perlu untuk membantu merampungkan tugas akademik ataupun non akademik. Sementara itu, dampak dari belajar lamban diantaranya:
  • Daya tangkap yang lambat
  • Mempunyai prestasi yang rendah
  • Lambat dalam menyelesaikan tugas
  • Tidak naik kelas

Oleh karena itu, les privat untuk anak autis sekiranya dibutuhkan untuk meminimalisir kendala yang dihadapi sang anak. Berkaitan dengan hal ini Rumah Privat siap membantu memberikan bimbingan belajar bagi anak ABK. 

Orang tua bebas menentukan jumlah pertemuan. Bisa 2 kali dalam seminggu atau sesuai kebutuhan. Jadwal les pun cukup fleksibel dan bisa ditentukan sendiri waktunya sehingga tidak menggangu jadwal yang lainnya.

Les Privat ABK di Rumah Privat

Rumah Privat sendiri merupakan bimbingan belajar les privat yang memberikan fasilitas guru datang ke rumah. Bimbingan belajar untuk anak ABK tidak bisa dilakukan sembarang orang. Pastikan anak Anda mendapatkan guru terbaik dan memang kompeten dalam bidangnya.

Guru di Rumah Privat memiliki pengalaman mengajar anak ABK. Untuk itu, waktu belajar akan berlangsung efektif dan efisien. Ingin les privat untuk anak berkebutuhan khusus? Segera hubungi Rumah Privat untuk mendapatkan les privat ABK terbaik.

Guru les dari Rumah Privat akan datang ke rumah Anda di daerah Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tanggerang yang terjangkau oleh guru-guru kami untuk mengajar Les Privat Anak Berkebutuhan Khusus.