Tips Menjadi Guru Les Yang Handal

Tips Menjadi Guru Les Yang Handal - Readers, apakah ada diantara anda sekalian yang sekarang berprofesi sebagai guru les? Yap, kebanyakan yang bekerja sebagai guru les privat sekarang ini adalah mahasiswa yang memiliki jadwal kuliah di pagi harinya. Jadi, bagi yang memiliki banyak waktu luang dari pada terbuang sia-sia maka menjadi guru les adalah alternatif yang tepat untuk mengisi kesibukan anda. 

Alih-alih mendapatkan sedikit tambahan uang saku anda pun juga turut mengamalkan ilmu anda yang bermanfaat. Namun, sebagai guru les kita dituntut untuk menjadi guru yang berkualitas sehingga siapa saja yang menggunakan jasa les privat kita tidak kapok dan kecewa. Nah, dalam kesempatan kali ini kami ingin berbagai informasi mengenai tips menjadi guru les yang handal. Check this out!



1. Mengenali latar belakang siswa les kita
Tips menjadi guru les yang handal bisa dimulai dengan mengenali latar belakang siswa les terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk menerima job mengajar tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya calon murid anda sekarang ini sedang duduk di kelas berapa, tempat tinggalnya dimana, bagaimana kondisi lingkungan keluarga, sekolah dan juga masyarakatnya. Dengan demikian anda bisa memutuskan untuk memulai pelajaran dengan cara yang seperti apa dan bagaimana. 

2. Usahakan untuk berbincang-bincang dengan siswa les anda
Sungguh tidak bisa dibayangkan jika kita mengajar hanya dengan memberikan penjelasan dan menyuruh siswa mengerjakan soal saja. Melakukan perbincangan sebelum dan sesudah jam pelajaran menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan sebagai tips menjadi guru les yang handal. 

Anda bisa berbincang-bincang mengenai aktifitas siswa selama di sekolahan atau apa saja yang terjadi dengan siswa hari ini. Setelah anda mendengarkan cerita dari siswa maka anda bisa membahasnya terlebih dahulu dan memberikan komentar yang baik.

3. Sabar dan Tegas
Tips menjadi guru les yang handal berikutnya adalah dengan menjadi sabar namun tetap tegas. Seringkali anak melakukan hal-hal yang dapat mengurangi konsentrasi dalam belajar, misalnya memegang HP, membalas SMS, sering izin kamar mandi, lari-lari tidak jelas dan lain-lain. Hal ini memang lumrah terjadi karena mereka merasa bebas berada dirumah mereka sendiri. Oleh karena itu anda harus menjadi guru yang sabar namun tetap tegas. 

Kita harus sadar dan tetap sabar karena mungkin si anak sedang bosan terus duduk menatap buku pelajaran. izinkan anak untuk melakukan apa yang mereka inginkan namun berilah batasan untuk mereka. Misalnya jika si anak izin pergi ke kamar mandi anda bisa bilang pada mereka untuk segera kembali dalam waktu satu atau dua menit.

4. Jika berhalangan hadir, usahakan untuk segera memberi kabar
Tips menjadi guru les yang handal keempat adalah dengan memberikan kabar segera jika anda berhalangan hadir agar siswa anda tidak menunggu kedatangan anda. Jangan lupa mengingatkan siswa anda untuk belajar sendiri meskipun anda tidak hadir.

5. Beri apresiasi
Saat siswa anda menunjukkan prestasi mereka yang meningkat semisal mendapat nilai yang bagus, maka berilah pujian pada mereka agar mereka merasa senang. Memberi hadiah kecil pun juga bisa anda lakukan sebagai tips menjadi guru les yang handal agar mereka lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi mereka.


Demikian ulasan mengenai beberapa tips menjadi guru les yang handal bagi anda yang sedang bergelut dengan dunia pendidikan. Menjadi guru les yang handal dan profesional akan membuat nama anda menjadi lebih terkenang dan akan banyak orang yang akan menggunakan jasa les anda. Semoga tips menjadi guru les yang handal ini bermanfaat bagi readers sekalian!